Sabtu, 29 Maret 2014

Mengenal Program Studi Agroekoteknologi FAPERTA UNIB

Program Studi Agroekoteknologi Fakultas Pertanian Universitas Bengkulu memiliki visi, misi dan tujuan serta kompetensi sebagai berikut:

VISI


Menjadi Program studi terbaik nasional dalam pengembangan ilmu dan teknologi pertanian tropika berkelanjutan pada tahun 2025.

MISI


1. Melaksanakan pendidikan tinggi yang kompeten dan kompetitif dalam ilmu dan teknologi pertanian tropika berkelanjutan.
2. Melaksanakan penelitian dan pengembangan ilmu dan teknologi pertanian tropika berkelanjutan
3. Menyebarluaskan dan membudayakan ilmu dan teknologi pertanian tropika berkelanjutan
4. Membangun jaringan kerjasama pengembangan ilmu dan teknologi pertanian tropika berkelanjutan

TUJUAN


1. Menyelenggarakan pembelajaran yang berkualitas
2. Menciptakan atmosfir akademik yang mampu menumbuhkan lifeskill, softskill dan nilai-nilai humanis mahasiswa
3. Menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan ilmu dan teknologi pertanian tropika berkelanjutan
4. Meningkatkan produktivitas sivitas akademika untuk menyebarluaskan ilmu dan teknologi pertanian tropika berkelanjutan
5. Menumbuhkembangkan budaya dan teknologi lokal dalam pertanian tropika berkelanjutan
6. Meningkatkan akses informasi dan sumberdaya lintas institusi/stakeholders dalam pengembangan ilmu dan teknologi pertanian tropika berkelanjutan


KOMPETENSI


Kompetensi Utama lulusan PS. Agroekoteknologi dikelompokkan ke dalam 5 profil profesi lulusan yakni:
1. Lulusan sebagai pelaku dibidang pertanian dengan kompetensi utama “Mampu menerapkan IPTEKS dibidang budidaya tanaman berdasarkan prinsip pertanian tropika berkelanjutan, baik secara modern maupun yang mengangkat kearifan lokal”
2. Lulusan sebagai manager dengan kompetensi utama “Mampu merencanakan dan merancang sistem produksi tanaman tropika berkelanjutan secara efektif dan produktif.
3. Lulusan sebagai pengusaha dengan kompetensi utama ” Mampu berinovasi dalam menerapkan IPTEKS dibidang budidaya pertanian tropika berkelanjutan ke dalam praktek bisnis.
4. Lulusan sebagai peneliti dengan kompetensi utama “Mampu mengidentifikasi, menganalisis dan merumuskan masalah secara tepat mengenai sistem budidaya pertanian tropika berkelanjutan.
5. Lulusan sebagai pendidik (fasilitator, motivator dan mediator) dengan kompetensi utama “Mampu berfikir analitis dan sistematis dengan memperhitungkan dampak penyelesaian masalah terhadap lingkungan dan  kehidupan bermasyarakat.
Kompetensi Pendukung lulusan PS. Agroekoteknologi juga dikelompokkan ke dalam 5 profil profesi lulusan yakni:
1. Lulusan sebagai pelaku dibidang pertanian dengan kompetensi pendukung “Berani memulai, melaksanakan dan mengembangkan usaha inovatif bidang produksi tanaman pertanian tropika berkelanjutan”
2. Lulusan sebagai manager dengan kompetensi pendukung “Mampu melaksanakan perencanaan sistem produksi tanaman secara tepat, efisien dan produktif sesuai dengan kaidah pertanian berkelanjutan”
3. Lulusan sebagai pengusaha dengan kompetensi pendukung ” Mampu menjalin kerjasama (bernegosiasi dan berkomunikasi) secara efektif dan produktif”
4. Lulusan sebagai peneliti dengan kompetensi pendukung “Mampu merancang dan melaksanakan penelitian serta menginterpretasikan data secara cermat dan akurat”
5. Lulusan sebagai pendidik (fasilitator, motivator dan mediator) dengan kompetensi pendukung “Mampu sebagai fasilitator, motivator dan mediator secara efektif dan produktif”
Kompetensi Lainnya lulusan PS. Agroekoteknologi juga dikelompokkan ke dalam 5 profil profesi lulusan yakni:
1. Lulusan sebagai pelaku dibidang pertanian dengan kompetensi lainnya ” Mampu mensinergikan potensi sumberdaya yang ada untuk kegiatan produksi yang produktif, inovatif dan berkelanjutan”
2. Lulusan sebagai manager dengan kompetensi lainnya “Mampu mengaktualisasikan potensi diri untuk bekerjasama dalam tim yang multidisiplin ilmu dan karakter”
3. Lulusan sebagai pengusaha dengan kompetensi lainnya ”Mampu menerapkan etika bisnis pertanian yang berwawasan lingkungan”
4. Lulusan sebagai peneliti dengan kompetensi lainnya “Mampu merekomendasikan penyelesaian masalah secara tepat dalam sistem budidaya pertanian tropika berkelanjutan”
5. Lulusan sebagai pendidik (fasilitator, motivator dan mediator) dengan kompetensi lainnya “Mampu dan mau belajar sepanjang  hayat”

0 komentar:

Posting Komentar

 

Followers